FILOLOGI

 KAJIAN ILMU FILOLOGI
a)      Suntingan naskah : Sejenis transliterasi (mengalihkan) atau memindahkan huruf- huruf dan kalimat-kalimat yang salah
b)                                          Epigrafi : Sub disiplin ilmu linguistik yang mempelajari bahasa daslam kaitannya dengan tulisan kuno pada prasasti-prasasti. Erat kaitannya dengan ilmu sejarah.
c)Linguistik sinkronis :

2.      Hubungan timbal balik antara filologi dan linguistik
      Ahli linguistik memerlukan suntingan teks-teks lama hasil kajian bahasa teks lama oleh ahli filologi. Ahli filologi mempercayakan pembacaan teks-teks lama kepada ahli filologi, sehingga terdapat hubungan timbale balik antara filologi dan linguistik.

3.       Filologi membantu kajian ilmu sastra terutama berupa penyediaan suntingan naskah lama dan hasil pembahasan teks yang mungkin dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyusunan sejarah sastra ataupun teori sastra.

4.      Filologi sebagai ilmu bantu sejarah kebudayaan
      Filologi banyak mengungkap khazanah ruhaniah warisan nenek moyang, misalnya kepercayaan, adat istiadat, kesenian dan lain-lain. Melalui pembacaan naskah-naskah lama banyak dijumpai penyebab atau pemberitahuan adanya unsur-unsur budaya yang sekarang telah punah misalnya istilah-istilah untuk unsur-unsur budaya bidang musik, takaran, timbangan, ukuran, mata uang, dan sebagainya.

5.      Filologi dapat membantu ilmu sejarah
      suntingan naskah-naskah nusantara seperti Babad Tanah Jawi, Babad Diponegoro, Sejarah melayu,Hikayat Raja-Raja Pasai, melalui proses pengkajian filologis, dapat dimanfaatkan sebagai sumber sejarah setelah diuji berdasarkan sumber-sumber lain (sumber asing, prasasti, dan sebagainya) atau setelah diketahui sifat-sifatnya.]

6.      Hubungan filologi dengan filsafat
            Penggalian filsafat dari teks-teks sastra nusantara secara mendalam agaknya belum banyak dilakukan, meskipun jumlah suntingan naskah-naskah sudah cukup tersedia. Dengan demikian, sumbangan utama filologi kepada filsafat adalah berupa suntingnan naskah disertai transliterasi dan terjemahan ke dalam bahasa nasional, yang selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh para ahli filsafat.
Pengertian filsafat
      Cara berpikir menurut logika dengan bebas sedalam-dalamnya hingga sampai ke dasar persoalan.
istilah-istilah berikut:
a)      Ontologi : Kumpulan pengetahuan-pengetahuan yang disusun secara sistematis, obyektif, koherensi / cabang ilmu filsafat yang berhubungan dengan hakikat hidup.
b)      Kosmologi : Cabang astronomi yang menyelidiki asal-usul, struktur, dan ruang waktu dari alam semesta / ilmu tentang asal-usul kejadian bumi, hubungannya dengan sistem matahari serta hubungan sistem matahari dengan jagad raya / cabang dari metafisika yang menyelidiki alam semesta sebagai sistem yang beraturan



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dapur Tutorial Blogspot

1 komentar:

Posting Komentar

Random Post

free counters