TANDA TANDA KEHAMILAN


Tanda-tanda Kehamilan
          Seorang wanita hamil sangat memerlukan seseorang, tempat ia bisa bertanya tentang segala hal yang ingin ia ketahui. Bertemu dengan dokter atau bidan sudah membantu meringankan beban pikiran. Namun bila belum ada kesempatan,catat saja segala keluhan yang terjadi dan sampaikan saat bertemu dokter.
Tanda-tanda kehamilan diantaranya:
*    Lesu, mual, dan muntah
*    Sering buang air kecil
*    Payudara nyeri
*    Nyeri di dada
*    Perubahan emosi, dsb
        Adapun waktu kehamilan dibagi menjadi 3 trimester dan setiap trimester terjadi banyak perubahan dan perkembangan pada anda dan janin anda.
*   Trimester Pertama
        Terjadi perubahan fisik, seperti mual pada pagi hari, terjadi mulai dari perut terasa tidak enak sampai muntah. Mual dapat terjadi karena reaksi terhadap bau tertentu atau makanan dan minuman. Cepat merasa lelah dan tidur sampai 12jam sehari. Payudara terus membesar karena pelebaran saluran susu dan terasa sedikit nyeri. Selain itu putting susu atau daerah sekitar putting susu mulai berwarna gelap. Sering pula ditandai dengan seringnya buang air kecil dikarenakan perubahan hormon dan dengan bertambah besarnya janin sehingga menekan kandung kemih.
        Perubaha emosi mungkin lebih lebih terlihat, dari kegembiraan sampai depresi karrena letih, khawatir dan sakit. Hasrat seksual akan menurun karena lelah dan mual.



*   Trimester Kedua
        Mual, sering buang air kecil mulai berkurang. Malah nafsu makan meningkat dan terasa lebih banyak energi. Pengeluaran cairan vagina perlahan-lahan meningkat, perubahan payudara bertambah besar dan nyeri berkurang. Perut bagian bawah akan bertambah besar pada akhir bulan keempat.
        Pada bulan kelima, bayi terasa bergerak, kadang-kadang perut bagian bawah terasa sakit, yang disebabkan oleh perenggangan pada ikatan (sendi) tulang di kedua sisi rahim. Denyut jantung juga meningkat karena peningkatan volume darah dan kebutuhan untuk mendapatkan oksigen bagi pertumbuhan janin.
        Pada bulan keenam, perut mulai terasa gatal karena kulit mulai merenggang untuk mengakomodasi janin yang berkembang terus. Tanda bergaris pada perut, sakit pinggang dan ambeien sering terjadi pada bulan-bulan ini. Pada saat ini perhatian mulai tertuju pada bayi dan milai banyak memikirkan apakah bayi akan lahir selamat dan sehat.

*   Trimester Ketiga
        Perubahan fisik, bayi mulai menendang dengan keras dan gerakaan bayi mulai kelihatan keluar, kadang anda sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Suhu tubuh akan meningkat sehingga anda akan merasa kepanasan. Rahim sudah mulai berkontraksi ringan. Jika mengalami sesak nafas selama melakukan aktivitas, batasi melakukannya hanya 15 menit sehari. Bayi telah berkembang dan meninggikan diafragma, maka kapasitas paru-paru menurun.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dapur Tutorial Blogspot

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

free counters